29/11/11


Tiru Konsep Balikpapan Baru

Konsep Bupati Kembangkan Wilayah Perkotaan di Nunukan

NUNUKAN – Pengembangan wilayah perkotaan, pemerintahan, pemukiman serta unit usaha untuk lima hingga sepuluh tahun ke depan atau jangka panjang, tidak hanya terkonsentrasi di Kecamatan Nunukan. Bupati Nunukan Drs Basri punya tekad dan gagasan itu.
Mantan Dandim 0911/Nunukan ini punya segudang harapan untuk pengembangan kota Nunukan, dan acuannya adalah Kota Balikpapan.
“Jika di Balikpapan itu ada Balikpapan Baru, di Nunukan kedepannya diharapkan bisa seperti itu, ada kawasan Nunukan Baru yang lebih tertata, maju dan berkembang,” ungkap bupati kepada Radar Tarakan.
Untuk pengembangan Nunukan Baru, memang perlu dilakukan pengkajian, penentuan wilayah baru yang bisa ditata menjadi kawasan pemukiman yang teratur, menempatkan unit pemerintahan yakni dinas-dinas, instansi yang lebih dekat kepada kesejahteraan rakyat, dan pengembangan usaha ekonomi rakyat, kawasan hiburan, perhotelan dan konsep lainnya. Di sisi luas lainnya, pengembangan sektor pertanian, perkebunan dan sektor unggulan tetap prioritas.
Arah pengembangan kota baru, lanjut bupati, bisa mengarah ke Kecamatan Nunukan Selatan atau Kecamatan lain yang punya potensi untuk dikembangkan, baik di sektor pariwisata maupun sektor usaha dan perdagangan.
Investor pemukiman
Bupati juga mengakui, bahwa sebagian besar Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Nunukan masih berstatus kontraktor alias ngontrak rumah. Karena itu, arah pengembangan perumahan pegawai juga sudah direncanakan.
Pemkab Nunukan, kata bupati, siap menjajal upaya kerja sama dengan sejumlah investor di tanah air untuk menanamkan modalnya di sektor perumahan atau pemukiman.
Dan untuk diketahui, wawancara Radar Tarakan bersama Wakil Ketua Umum Kadin Pusat Koordinator Kalimantan Endang Kesumayadi juga sangat merespon wacana perumahan PNS di Nunukan. Menurut Endang, Kadin akan menginventarisir atau mengajak sejumlah pengusaha di Jakarta untuk melihat potensi pembangunan perumahan di Nunukan.
“Kita sudah melihat potensi kawasan perumahan di Nunukan, dan rencananya Kadin akan membeberkan ke pengusaha tentang wacana pembangunan perumahan di Nunukan,” kata Endang saat berkunjung ke Nunukan belum lama ini. (ica)

Tidak ada komentar: